Profil Desa Saribaye


Desa Saribaye merupakan Desa Pemekaran dari Desa Lingsar. Pada bulan April 2010 seluruh lapisan masyarakat Dusun Sandongan, Dusun Repok Keri, dan Dusun Nirbaye, dengan mendapat persetujuan dari Kepala Desa Lingsar dan BPD Desa Lingsar, telah mengajukan permohonanan kepada Bupati Lombok Barat melalui BPMPD Kabupaten Lombok barat, agar tiga dusun tersebut dimekarkan menjadi satu Desa, mengingat jumlah penduduk ketiga dusun tersebut cukup besar dengan wilayah yang cukup luas.


Dengan dimotori oleh seluruh tokoh masyarakat yang ada di Dusun Sandongan, Repok Keri, dan Dusun Nirbaye, serta dibantu oleh masyarakat Desa Lingsar, maka terbitlah Surat Keputusan Bupati Lombok Barat No: 1535 / 91 / BPMPD / 2010, tanggal 21 Desember 2010 tentang pembentukan Desa Saribaye, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, sedangkan Pejabat Desa Saribaye, oleh Bupati Lombok Barat telah dipercayakan kepada Sarawan Sukadani, ST. Melalui surat Keputusan Bupati Lombok Barat No: 1538 / 92 / BPMPD / 2010, Tentang Penunjukan Pejabat Kepala Desa Saribaye, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat tanggal 21 Desember 2010. Pengukuhan Desa Saribaye menjadi satu Desa baru serta Sarawan Sukadani, ST. sebagai pejabat Kepala Desa Saribaye telah dilaksanakan oleh Bupati Lombok Barat DR. Zaini Arony pada hari Jum'at, tanggal 31 Desember 2010 pukul 15:00 bertempat di Aula Kantor Bupati Lombok Barat.


Desa Persiapan Saribaye ditetapkan menjadi desa yang Difinitif pada tanggal 4 November 2011 melalui Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Barat Nomor 8 tahun 2011, tentang penetapan Desa Persiapan menjadi Desa di Kabupaten Lombok Barat. Selaku pejabat Kepala Desa Saribaye, Bapak Bupati Lombok Barat kembali mempercayakan kepada Sarawan Sukadani, ST. melalui Surat Keputusan Bupati Lombok Barat Nomor 1176 / 145 / BPMPD / 2011 Tentang penunjukan Pejabat Kepala Desa di Kabupaten Lombok Barat.


Sebagai Desa baru seluruh masyarakat Desa Saribaye bahu membahu membangun Desa mereka, seluruh kegiatan yang terkait dengan pembangunan Desa dilakukan dengan cara gotong royong mulai dari rencana pembangunan Kantor, rehabilitas Kantor Desa Sementara, membuat perlengkapan kantor, memperbaiki ruas jalan Saribaye, membangun kantor Desa baru dan lain-lain. Seluruh kegiatan yang dilakukan bersumber dari bantuan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat serta swadaya murni dari masyarakat.

Top
  • Temukan kami di: